Jasa Las Karbit/Listrik Kanopi, Pagar - Kiran Las Lampung - Lampung Selatan


Sambungan besi atau besi yang mengalami patahan, robek dsb yang menyebabkan besi tersebut tidak dapat digunakan lagi. Dengan keadaan tersebut alat besi itu tidak dapat berguna dengan baik. Misalnya saja kuali yang patah pegangan pinggir kuali tersebut, tentunya sulit untuk memasak tanpa pegangan pinggir, untuk teralis besi yang digunakan untuk pagar rumah besi-besi tersebut disambungkan dengan las baik itu las karbit maupun las biasa. 


Las berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia tahun 1994 adalah penyambungan besi dengan cara membakar. Industri Deutsche Industrie Normen (DIN) dalam buku Harsono et al (1991) mendefinisikan bahwa las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilakukan pada keadaan lumer atau cair. 

Las bekerja dengan menyambungkan dua bagian logam atau lebih dengan menggunakan energi panas. Proses pengelasan berkaitan dengan lempengan baja yang dibuat dari kristal besi dan karbon sesuai dengan struktur mikronya dengan bentuk dan arah tertentu. Lalu sebagian lempengan logam tersebut dipanaskan hingga meleleh. Tepi lempengan itu disatukan terbentuklah sambungan, proses pengelasan juga diberikan dengan bahan penyambung seperti kawat atau batang las. 

Pengelasan (welding) mulai dikenal awal abad ke 20. Sebagai sumber panas digunakan api yang berasal dari pembakaran gas acetylena yang kemudian dikenal sebagai las karbit. Las listrik juga dikenal pada saat itu namun masih sangat langka. Perang dunia ke II juga merupakan sumber sejarah las Amerika Serikat menggunakan las listrik membuat kapal perang berkelas SS Liberty yang merupakan kapal pertama yang diluncurkan dengan proses pembuatan dari las. Sebelum kapal itu biasanya kapal dibuat dengan paku keling (rivets). 

Usaha yang dijalankan ini merupakan jasa pengelasan untuk pembuatan pagar, tralis, rolling door dll. Sudah berjalan selama 6 tahun, eksistentinya dalam pengembangan usaha ini agar mendapat perluasan wilayah kerja atau pasar.





Usaha : Jasa pengelasan dengan las karbit untuk pembuatan tralis, pagar, kanopi, tangga besi, panel, tiang reklame dll sesuai dengan pesanan. Pekerjaan dapat dilakukan di lokasi di mana pemesanan dilakukan. Pekerjaan pesanan dengan cara pemesanan terlebih dahulu agar dapat menentukan waktu pengerjaannya.

Harga : sesuai dengan jenis pekerjaan

Jam buka : 08.00 - 17.00 WIB

Pemilik : Situkiran

Telp/HP : 085279506315

Daftar Pustaka :

Harsono & Wiryosumarto. 1996. Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta (ID): Pramudya Paramitha  

Post a Comment

Previous Post Next Post