Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro

Dalam sejarah perkembangan pola pasar dimana terdapat penjual dan pembeli untuk membentuk permintaan dan penawaran sehingga terjadilah kesepakatan dalam kesepakatan tersebut menjadi sumber tema bacaan kita kali ini yaitu ekonomi mikro. Baca juga : SejarahEkonomi Mikro

Prilaku Penawaran
Ekonomi atau economic asal bahasanya Yunani yaitu “oikus” dan “nomos” artinya peraturan rumah tangga.  Telaah tentang analogi peraturan dalam rumah tanggamu?. Bagaimana sudah bisa di modifikasi langsung sebagai bahan pemikiran kita bersamakan. Maksud saya lihatlah, dan pelajarilah rumah tanggamu?

Bila digabungkan dengan kata mikro, sudah tentu kita bisa membuat penalaran pada peraturan rumah tangga dalam skala mikro. Ekonomi sendiri dalam Buku : Ekonomi Mikro menyebutkan bahwa semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan rumah tangga.

Natalitas mempengaruhi industrialisasi karena bertambahnya kebutuhan rumang tangga. Kebutuhan tersebut primer, sekunder, dan tersier. Terjadi banyak pola perubahan masyarakat. Persoalannya muncul dari kebutuhan tersebut sandang, pangan, dan papan. Sementara keinginan besar untuk memiliki suatu lainnya sehingga manusia ekonomi menjadi buas untuk menambahkan profit dari setiap proses perkembangan ekonomi.

Kebutuhan manusia relatif terbatas, sedangkan keinginan menjadi tidak terbatas. Artinya, manusia membutuhkan keperluannya dengan lebih cermat tetapi akan sangat berbeda dengan keinginannya diluar kuasanya untuk mengontrol keinginan tersebut. Inilah kajian utama ilmu ekonomi mikro. Untuk memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang terbatas.

Ekonomi mikro kemudian di kaji berdasarkan pengalaman manusia dalam memenuhi kebutuhannya, informasi, saran serta teknik tentang pemenuhan kebutuhan suatu produk, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara memperoleh produk tersebut.

Salah satu contoh aktivitas ekonomi mikro : mari kita masuk untuk bernalar dengan contoh
Lihat dan teliti salah satu simpang empat dengan lampu merah di kota anda. Beberapa orang anak atau pekerja sedang membagikan brosur atau leaflet dalam brosur tersebut menawarkan tentang seminar ekonomi mikro di salah satu hotel dengan harga Rp 1.500.000,- dengan pembicara Mentri Keuangan Ibu Sri Mulyani bila melihat harganya kita akan terkejut tapi bila kita melihat pembicaranya, tentunya kita juga akan memperkirakan apakah bisa mengikuti kegiatan tersebut. Brosur tersebut kemudian kita simpan.

Apa yang terjadi bila pada saat keputusan kita untuk mengikuti seminat tersebut tapi brosur itu hilang? Apa yang berharga dari keadaan itu?
Ekonomi mikro membahas tentang kelangkaan. Kebutuhan manusia ditentukan apakah barang tersebut langka atau tidak. Misal untuk mencari durian pada waktu bukan musimnya tentu sangat sulit? Benarkah? Ya, durian menjadi langka pada saat bukan musim durian.
Dampak utama dari kelangkaan :

1. Pilihan; tentukan pilihanmu mulai dari sekarang apakah harus menambah modal dengan pinjaman bank atau tidak
2. Bagian atau penjatahan ; kontribusi sosial ekonomi atau dalam syarat utama kredit perbankan 5c menyebutkan condition of economic jumlah uang yang dimiliki, dan produktivitasnya.
3. Kompetisi; faktor utama dalam memenangkan kelangkaan adalah berkompetisi. “Lebih mudah merebut daripada mempertahankan”. Pemenang akan mendapatkan sumber daya yang dipersaingkan tersebut.

Jadi, seperti ini ekonomi mikro menjadi fasilitas untuk mengamati rumah tangga. Ekonomi mikro menjadi sama dengan teori harga. Mengapa disebut seperti itu karena dari kesepakatan yang terjadi antara penjual dan pembeli. Perusahaan dan industri.

Produksi, biaya, penerimaan keuntungan dan manfaat, dan pasar, upah, serta faktor produksi. Ekonomi mikro mencakup semua itu. Tentunya kita sudah dapat mengerti ekonomi mikro menjadi keseharian kita. Bila kita mendapatkan pelajaran tersebut banyaklah bersosialisasi dengan pasar atau aktivitas ekonomi mikro lainnya dalam rumah tangga.

Ekonomi mikro akan berkaitan erat dengan perbankan mikro. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dimana terjadi kelangkaan inventory atau jumlah barang dagang dalam toko atau kios menjelang hari raya besar dimana kebutuhan konsumsi akan barang kebutuhan pokok menjadi sangat besar. Sehingga berdasarkan kebutuhan tersebut pelaku ekonomi mikro akan mendapatkan pilihan untuk mengambil pinjaman atau tidak? Apakah dia akan mendapatkan bagiannya untuk pinjaman mikro, dan apakah kompetisi pasar akan tetap menghasilkan omset usaha yang besar setelah Kredit Modal Kerja (KMK) tersebut digunakan.

Ekonomi mikro sangat berkaitan erat dengan fasilitas pembiayaan mikro dari perbankan mikro. Mari telaah bersama. Terimakasih


Bagi pelajar atau mahasiswa yang sedang mencermati ekonomi mikro agar lebih banyak membaca detailnya di natinedjs.

Daftar Pustaka : Teori Ekonomi MIkro

Post a Comment

Previous Post Next Post