Istilah-istilah Hama Tanaman

natinedJs ⓚ Belajar mengenai hama tanaman memang menyenangkan, tapi perlu terjun langsung kedunianya. Layaknya seorang dokter siapapun pasiennya pasti akan menggunakan istilah yang memang digunakan dibidang kedokteran tersebut. Ada banyak sekali istilah yang termasuk dalam hama tanaman. Dari sudut pandang serangganya sendiri, bagian tubuhnya, pola makan, kehidupan sosial serangga, bereproduksi dan ekosistemnya.


Daftar Istilah Hama Tanaman

A
Abdomen = perut serangga. Letaknya di bagian belakang toraks (dada), di bagian dalam terdapat alat pencernaan, perkembangbiakan dll
Absorp = menyerap
Autotrof = tanaman yang dapat menggunakan karbondioksida sebagai sumber karbon atau tanaman yang dapat membentuk persenyawaan organik yang kompleks dari persenyawaan anorganik sederhana.

C
Caput = kepala serangga
Cercus = sepasang ruas tambahan bentuk seperti antena kecil pendek atau panjang yang tumbuh pada tepi ruas perut ke 10 dan 11. jamak - cerci

E
Elytra = sepasang sayap depan kuat dan tebal menutup perut dan sepasang sayap belakang yang tipis
Eksokutikula = lapisan kutikula bagian tengah
Epikutikula = lapisan kutikula paling luar
Ekso = luar
Skeleton = kerangka
Eksoskeleton = binatang yang mempunyai kerangka luar (serangga)
Endoskeleton = binatang dengan kerangka dalam (sapi, ayam, kucing)

H
Hama = organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Walaupun dapat digunakan untuk semua organisme, dalam praktik istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan.

N
Nimfa, pupa, Imago = rangkaian fase yang terdapat pada metamorfosis serangga
Nimfa = tahapan kedua pada metamorfosis tidak sempurna dari telur, anak serangga bentuknya menyerupai bentuk tubuh indukya; nimfa hidup bersama dengan serangga dewasa dan makan pada tanaman yang sama, mengalami pergantian kulit 4 sampai 10 kali sampai bentuknya mendekati bentuk serangga dewasa.

Baca juga : Hama Tanaman

I
Imago = serangga dewasa dimana terdapat alat reproduksi sempurna untuk perkembangbiakan serangga.
Instar = bentuk serangga muda, serangga yang baru menetas dari telu disebut instar 1, sesudah ganti kulit instar 2, dan bila terjadi pergantian kulit lagi instar 3 dst. Terjadi pada metamorfosis tidak sempurna.
Insektisida = insek; serangga, tisida = senyawa kimia senyawa kimia yang digunakan untuk membasmi serangga hama.

K
Kelenjar setal = kelenjar kecil yang mengeluarkan racun melalui rambut. Contohnya ulat bulu dapat mengeluarkan racun dari bulunya, akan tetapi bagian bawah ulat bulu yang terdapat hanya tungkasi ulat tidak menyebabkan gatal.
Kutikula = lapisan kulit yang kuat pada serangga yang menjadi kerangka luar (eksoskeleton)

Generic Banner

L
Larva = metamorfosis sempurna perubahan telur menjadi ulat.
Lateral = menyamping; dari samping.
Lundi = bentuk muba, masa muda dari ordo Coleoptera (kumbang) warnanya putih; larva kumbang. 

M
Mata faset = mata kecil yang jumlahnya banyak sekali dan merupakan bagian mata majemuk, bentuk heksagonal terdiri atas lensa dan kornea.
Mata majemuk = mata besar serangga dewasa jumlahnya dua terdiri dari sekumpulan mata faset
Mata ocellus = salah satu jenis mata serangga dewasa yang jumlahnya 2-3, letaknya di dahi dalam susunan segitiga, mata sederhana tidak melihat warna gambar kabut, hanya membedakan terang dan gelap dan melihat sedikit-sedikit gerakan.
Mesotoraks = segmen dada bagian yang kedua atau bagian tengah
Metatoraks = segemen dada yang ketiga atau bagian belakang
Metamorfosis = perubahan bentuk telur - larva - pupa - imago (metamorfosis sempurna), telur - nimfa - imago (metamorfosis tidak sempurna)

O
Oviposit = meletakkan telur
Ovipositor = alat untuk memasukkan telur kedalam jaringan tanaman, badan bidanatng atau kedalam tanah
Pupa = perubahan bentuk dari larva menjadi kepompong siklus hidupnya bertransisi didalam kepompong tersebut. Hanya terjadi pada metamorfosis sempurna.
P
Partogenesis = perkembangbiakan tidak dengan perkawinan
Predator = binatang yang memakan binatang lain
Pronotum = toraks dibagi menjadi pronotum, mesonetum, dan metanotum
Protoraks = segmen dada bagian yang pertama atau bagian depan
Pupa = kepompong, fase inaktif dari ulat atau larva. Setelah fase ini selesai akan keluar dari pupa menjadi imago misalnya menjadi kupu-kupu atau kumbang.

S
Spirakel = lubang yang terdapat pada kedua sisi segmen dada atau perut, berguna untuk masuknya udara dala, pernafasan lubang berhbungan dengan tabung trakea.
Stilet = alat penghisap pada serangga berbentuk jarum yang dapat ditusukkan ke dalam jaringan tanaman; dalam stilet ada dua saluran yang satu untuk menghisap cairan dan yang satunya untuk mengeluarkan ludah agar masuk kedalam tubuh tanaman.

T
Trakea = tabung bercabang-cabang untuk pernapasan akhirnya menjadi tabung kecil yang disebut trakeoulus terletak pada kedua sisi badan serangga dan berfungsi untuk pernapasan.

U
Uret = lundi larva dari kumbang.

Post a Comment

Previous Post Next Post