Cara Mudah Menanam Cabai

IND | ENG

natinedJs ⓚ 2018 Harga cabai rata-rata antara 40 ribu sampai 90 ribu per kilo gram. Dengan rata-rata jumlah cabai per kilogramnya bila cabai beratnya 5 gram berarti pembelian cabai hanya 200 cabai. Cabai (Capsicum annuum L.)  salah satu  jenis komoditas hortikultura penting karena peranannya sebagai sambal penambah selera makan bagi kuliner nusantara. Nilai ekonomis tinggi dengan resiko usaha tani yang tinggi juga karena cabai merupakan jenis tanaman rentan. Bila teknik budidaya, iklim dan tanah yang tidak cocok akan membuat cabai tidak berkembang.



Untuk pemakaian cabai sendiri tentunya akan banyak bila rumah tersebut pengemar pedas dan menyukai makanan dengan cabai. Apakah akan terus membeli atau membuat praktik pertanian sendiri dirumah khusus untuk cabai? Apalagi di kota tentunya tanahnya atau pekarangannya paling luas sekitar 200 m persegi untuk daerah perumahan.

Awal tahun 2017 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberi himbauan kepada masyarakat untuk bertanam cabai sendiri. Sangat relevan karena sekaligus untuk memberi ruang hijau bagi rumah dan memberikan hasi holtikultura secara langsung kepada masyarakat. (Sumber : detik.finance.com)

Sudah saatnya bertanam cabai sendiri. Sangat mudah karena praktek pertanian yang kita lakukan tidak perlu menggunakan lahan, atau kebun ataupun tegalan cukup menggunakan pot-pot rumahan. 

Cabai Menjadi Tanaman Indonesia

Pada awalnya Columbus membawa bibit cabai ke Indonesia melalui perjalanan lautnya. Tepatnya berasal dari benua Amerika tengah dan selatan. Sekitar 7.000 SM dipergunakan suku Indian, dan meluas. Kemudia suku Indian mulai bercocok tanam cabai dengan stek dan mencangkok. Pelayaran Columbus membawa bibit cabai tersebut sampai ke Eropa tahun 1502 digemari oleh Spayol untuk rempah-rempahnya. Dari penyebaran tersebut meluas sampai ke Asia dan tentunya ke Indonesia melalui peran kedatangan Portugis tahun 1512.

Memilih Benih Cabai Untuk di Tanam

Dua pilihan benih yang dapat di tanam di antaranya;

Benih olahan mandiri adalah dengan menggunakan biji cabai busuk dari dapur merupakan pilihan hemat dalam proses pertanaman cabai. Atau dengan menggunakan benih hasil produksi dari produsen benih cabai yang terdapat di pasaran. (Lihat : Alamat Toko Pertanian)
Caranya sangat mudah yaitu dengan memotong cabai di bagian tengah kemudian keluarkan biji-biji dalam daging cabai tersebut. Sortir dan cuci bersih biji yang di ambil dengan menerepkan pencucian benih menggunakan garam sebelum di tanam. 

Tujuan dari perendaman benih dengan air Larutan garam :
  • Benih dengan berat jenis lebih tinggi, mempunyai Mutu fisiologi (daya kecambah dan vigor) yang lebih tinggi, serta pertumbuhan dilapangan yang lebih cepat dan seragam.
  • Menekan atau menghilangkan inokulum penyakit yg terbawa pada benih karena air garam atau abu berfungsi antiseptik.
  • Hanya benih cabai yang tenggelam dalam larutan air garam yang dipilih untuk disemai. (Sumber : cybex.pertanian).

Melihat lebih jelas bahwa cabai bukan tanaman asli Indonesia. Tetapi sangat cocok untuk Indonesia serta kuliner di Indonesia yang khas dengan selera pedasnya. Tanaman cabai dapat tumbuh dari daratan rendah sampai daratan tinggi. 

Bahan dan Alat :
  1. Benih Cabai Rp 3.000,-/ kantung 15- 20 biji
  2. Polibag Rp 500,-/lembar ukuran 17,5 cm x 40 cm atau 40 cm x 50 cm
  3. Tanah hitam
  4. Kompos Rp 25.000,-/zak
  5. Pasir
  6. Pot
Cara Bertanam Cabai :
  • Siapkan polibag dengan ukuran 8 x 9 cm, masukkan tanah beserta kompos. Jumlah tanah dan kompos 3/4 polybag
  • Masukkan benih ke dalam tanah gunakan benda yang runcing untuk membuat lubang tanam. Tidak disarankan menggunakan jari. 
  • Tutup benih dengan abu atau debu supaya tunas lebih mudah muncul. Jaga selalu kelembaban tanah bila perlu siram pagi dan sore. 
  • Tidak disarankan diberi pupuk selama perawatan.  
Benih cabai yang telah tumbuh tunas dan sudah menunjukkan bahwa tunas tersebut telah kuat dapat kita pindahkan dalam pot.
  • Buka atau sobek polibag menggunakan silet atau cutter. Biarkan bagian tanah tetap berada pada perakaran tanaman.
  • Bentuk polibag dengan ukuran pot sesuiakan. Bila pada celat pot agar tunas dapat terkena sinar matahari langsung artinya perlu diberikan tambahan tanah lagi di sela tersebut.
  • Perhatikan selalu pertumbuhan tunas karena dalam masa tersebut masih rentan.
Jaga selalu kelembaban tanaman sampai pada waktunya berbunga dan memberikan hasil berbuah. Untuk memberikan hasil maksimal usia tanaman 30 hari dapat ditambahkan pupuk kandang atau pupuk urea untuk menjaga unsur hara dalam tanah. 

Keadaan yang sering terjadi tanah dalam pot mengalami kekeringan. Pot mempunyai lubang untuk mengurangi air pada tanah, sehingga pada saat kekeringan agar cepat dipantau. Bila penggunaan pot tersebut sudah maksimal dan tanaman telah bertumbuh dan berbuah banyak. Bila masih memiliki persediaan lahan lebih cepat dipindahkan ke tanah tersedia tersebut agar dapat memberikan ruang bagi cabai untuk berbuah dan berkembang. Serta pada saat tersebut tidak perlu lagi takut tanaman mengalami kekeringan.

Cabai dalam pot yang telah berhasil di pindahkan ke lahan perumahan kecil dan tetap tumbuh dan berbuah karena kecocokan pertanaman dengan lingkungan.


Related Post :


3 Comments

Previous Post Next Post