4 Cara Efektif Mengatasi Kredit Macet

natinedJs ⓚ 2018 Bank berminat pada kredit dengan kolektibilitas lancar. Karena, tidak memungkinkan untuk bank mengapresiasi kredit bermasalah atau kredit macet. Tetapi, hal tersebut pasti terjadi dalam kredit. Pengertian kredit pada umumnya ada credere yang artinya kepercayaan. Pihak pemberi dana hanya mempercayakan uangnya untuk digunakan pihak lain agar dapat berguna di kemudian hari dan memberikan hasil maksimal bagi pengguna kredit tersebut.


Cara mengatasi kredit macet dapat dilakukan sesuai dengan prosedur perbankan. Sebelum hal tersebut terjadi baca juga : Cara Mengatasi Kredit Tidak Macet.

Restruktur

Memperkecil angsuran. Cara ini cukup efektif agar dapat mengatasi kredit macet sehingga debitur dapat membayar angsuran sesuai dengan kemampuannya. Pengajuan restruktur dilakukan berdasarkan persyaratan kembali, sehingga debitur berdasarkan tawaran bank harus melakukan analisa kembali pada kemampuan keuangannya. Persyaratan kembali dengan maksud pengkinian data.

Bank akan melakukan inisiasi kembali terhadap kemampuan pembayaran angsuran apabila pengajuan restruktur tersebut disetujui. Jadi, nasabah tidak perlu cemas karena pengajuan ini belum tentu mendapat persetujuan tergantung seberapa besar omset usaha tersebut menurun.

Bila dalam pengajuan tersebut 'reject' atau ditolak nasabah dapat melakukan proses Take Over memindahkan Kredit kepada bank lain dengan tinjauan kemampuan bayar.

Rescheduling

Penetapan ulang tanggal jatuh tempo. Tidak semua bank atau lembaga keuangan mempunyai kebijakan pada penetapan ulang tanggal jatuh tempo. Karena, berdasarkan sistem akan terjadi perubahan pada bunga berjalan. Seperti kita ketahui bahwa pembayaran bunga terjadi setiap hari hanya di akumulai dalam satu bulan.

I = Rp 300.000,-/bulan sehingga pembayaran bunga menjadi Rp 10.000,-/hari perubahan jadwal angsuran akan menyebabkan pembengkakan pembayaran awal debitur macet dan hal tersebut malah akan menambah kewajiban debitur sehingga tidak sering digunakan hanya sebagai alternatif mengatasi kredit macet.

Top Up atau Top Down

Penambahan atau pengurangan pokok angsuran dapat menjadi pilihan cara untuk mengatasi kredit macet. Dalam fasilitas ini debitur akan mendapatkan kredit dengan atau tanpa fresh money akan tetapi dapat merubah besaran angsuran serta besaran bunga sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Penambahan fasilitas dengan fresh money atau dana segar sisanya dapat dipergunakan untuk mengatasi angsuran berjalan. Bila dalam waktu yang ditentukan penghasilan tidak mengalami penambahan tetap dapat segera melakukan  alternatif berikutnya untuk mengatasi kredit tidak macet.

Jual Jaminan

Jual jaminan terbagi menjadi tiga bagian :Jual jaminan sukarela

PropellerAds

  • Jual jaminan sukarela
  1. Jual jaminan sebagian; melunasi sebagian atau pokok hutang hanya dengan sebagian jaminan saja.
  2. Jual jaminan seluruh atau aset lainnya; melunasi hutang secara keseluruhan sehingga kredit tidak macet
  • Jual jaminan lelang; lelang dilakukan dalam keadan dimana sudah ada kesepakatan bersama dari pihak terkait untuk menjual jaminan dengan lelang dimana aset tersebut dapat menyelesaikan kredit.

    Lihat PUSTAKA natinedJs DISINI

Post a Comment

Previous Post Next Post