Gerhana Bulan Total (GBT)

natinedJs Ⓚ 2018 Tiga fenomena yang akan terjadi besok Supermoon atau bulan beada dekat bumi sehingga terlihat sedikit lebih besar, bluemoon bulan purnama kedua dalam satu bulan masehi, bloodmoon bulan berwarna merah darah selama gerhana bulan total. Gerhana Bulan Total (GBT) didefinisikan sebagai terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan. Dalam arti sederhana artinya bumi berada di tengah-tengah antara bulan dan matahari. Terjadinya pada bulan purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Tribununews, 30 Januari 2018 Kepala BMKG Dwikorita Karnawati fenomena langka Gerhana Bulan total akan terjadi di Indonesia tanggal 31 Janjuari 2018. Fenomena ini dapat diamati dengan jelas dengan mata telanjang.



Badan antariksa AS mengatakan gerhana ini dengan sebutan "Super Blue Blood Moon" dengan dasr fenomena ini terjadi pada saat super moon dengan kata lain bulan super. Merupakan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. 

Apabila "supermoon" terjadi jarak antara bulan hanya akan terpaut jarak 358.994 kilometer dari bumi, lebih dekat dari jarak rata-ratanya, yaitu 384.400 kilometer. Sedangkan "blue moon" adalah istilah yang digunakan untuk menandakan bulan purnama (full moon) kedua dalam sebulan ini. Jadi, ‘Super Blue Blood Moon’ pada intinya adalah gerhana bulan total yang terjadi saat bulan dalam posisi paling dekat dengan bumi dan muncul secara penuh.



Proses Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 (Dapat dilihat pada file PDF)


Wilayah Indonesia yang dapat mengamati secara keseluruhan Gerhana Bulan Total Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua. Beberapa wilayah lain di Indonesia yang dapat melihat sebagian proses GBT dapat dilihat pada file Press Release GBT.

Waktu terjadinya gerhana ini terjadi dimulai dari pukul 17.00 WIB, awal mula gerhana tersebut akan mulai. Gerhana mulai sebagian terjadi pukul 18.48 WIB. Gerhana total terjadi antara pukul 19.51 WIB. Waktu terjadinya gerhana dapat dilihat dalam file Press Release GBT.

Post a Comment

Previous Post Next Post