Contoh Surat Lamaran Kerja

natinedJs ⓚ 2017 Meningkatnya kompetisi dalam dunia kerja terjadi karena semakin banyaknya lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya Dari setiap perguruan tinggi setiap tahunnya akan melahirkan rata-rata 300 - 500 wisudawan. Tentunya lulusan ini akan mencari dunia baru dimana bermula dari menjadi pekerja di perusahaan atau lembaga lainnya. Untuk menghasilkan penghasilan sebagai kebutuhan biaya hidup.

Dalam mengelola surat lamaran kerja tentunya para pelamar harus memberikan kesan menarik dalam suratnya. Beberapa point penting harus benar-benar merefleksikan diri dari si pelamar pekerjaan tersebut. Dalam kondisi tertentu misalnya dalam waktu tersebut tidak ada lowongan kerja yang sesuai dengan bidang atau minat kita sudah akan lebih baik mencoba bergabung dengan informasi pekerjaan yang ada. Hal tersebut menjadi keputusan dari pelamar karena memberikan peluang waktu menjadi terbuang akibat penggangguran akan memberikan suasana yang nyaman sehingga mungkin menyebabkan lebih malas untuk mencarinya lagi.

Dalam mengelola surat lamaran kerja beberapa point penting :
  • Memberikan referensi tentang informasi lowongan tersebut didapatkan dari mana.
  • Memberikan informasi detail mengenai data pribadi.
  • Memberikan informasi mengenai jabatan yang di lamar
  • Memberikan informasi mengenai pengalaman atau penguasaan dalam bidang studi.

Berikut ini contoh surat lamaran tidak berpengalaman :


Kota xxx, Tgl Bulan Tahun

Kepada Yth;
Bpk/IBu Human Recources Department
PT. xxx
Alamat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari Sdra. xxx  dimana perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga kerja. Melalui surat lamaran ini saya ingin menyampaikan bahwa saya berharap dapat bergabung di PT. xxx pada posisi xxx dengan pendidikan dan pengalaman saya.

Dengan surat ini saya sampaikan data pribadi saya sebagai berikut:
Nama : xxx
Pendidikan : xxx

Saya lulus tahun 20xx selama masa pendidikan saya mempunyaia banyak pengalaman tentang mengelola organisasi intra kampus. Saya mempunyai komitmen dalam melakukan tugas belajar saya dan aktivitas lainnya di luar kampus.

Melalui surat permohonan ini saya melampirkan pas foto serta Daftar Riwayat Hidup, dan beberapa lampiran sebagai pelengkap guna memberikan informasi yang jelas kepada Bapak/Ibu.

Besar harapan saya mendapatakan kesempatan untuk bergabung bersama perusahaan bapak/ibu. Demikianlah surat ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
ttd
xxx


Contoh Surat lamaran kerja dengan pengalaman kerja :

Kota, Tgl Bulan Tahun

Kepada Yth;
Human Recources Department

PT. xxxx 
Alamat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari media sosial www.loker.net  dimana perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga kerja. Melalui surat lamaran ini saya ingin menyampaikan bahwa saya berharap dapat bergabung di PT. xxx  pada posisi MANAJER UNIT (MU) dengan pendidikan dan pengalaman saya.

Dengan surat ini saya sampaikan data pribadi saya sebagai berikut:
Nama : xxx
Pendidikan : xxx

Saya mempunyai pengalaman 5 tahun di perbankan, kemampuan menguasai segmen atau bidang kerja yang diberikan, gigih, ulet, mau bekerja keras, berani menghadapi tantangan memiliki motivasi tinggi, mempunyai integritas, inovatif, mampu bekerja individu dan dalam tim dan mampu mengorganisir organisasi.

Melalui surat permohonan ini saya melampirkan pas foto serta Daftar Riwayat Hidup, dan beberapa lampiran sebagai pelengkap guna memberikan informasi yang jelas kepada Bapak/Ibu.

Besar harapan saya mendapatakan kesempatan untuk bergabung bersama perusahaan bapak/ibu. Demikianlah surat ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
ttd
xxx

Format Lamaran Kerja.Doc 

Post a Comment

Previous Post Next Post