5 Jenis Brankas Pertama di Dunia

natinedJs ⓚ 2017 Brankas adalah lemari atau kotak besi yang biasa dipergunakan untuk melindungi barang beharga seperti uang, surat tanah (SHM), perhiasan dll dari bahaya kebakaran dan pencurian. Brankas berasal dari bahasa Belanda dari asal kata branden artinya membakar dan kast arinya lemari. Lemari yang tahan bakar. Berdasarkan ketahannya brankas terbagi menjadi 3 jenis :

  1. Steel Safesbrankas yang terbuat dari plat besi atau baja saja. Kondisinya brankas ini tidak tahan api, biasanya hanya dipergunakan untuk penyimpanan uang yang relatif sedikit untuk kebutuhan operasional usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
  2. Fire safes, brankas yang sudah dilengkapi fitur tahan api. Brankas kelas ini terlihat dari ketebalan body brankas dan bila diketuk terasa ada isi dari body brankas itu. 
  3. Fire & Burglar safes brankas jenis ini tahan api dan tahan banting. Brankas jenis merupakan brankas yang direkomendasikan untuk digunakan karena sudah relatif lebih aman. Dengan fitur relocking (penguncian otomatis dengan desain khusus). Dinding brankas tebal, bahan plat lebih tebal dan tahan api. 
5 Jenis Brankas Pertama di Dunia

1. Brankas Besi Pertama


Pada abad ke 18, masyarakat Jerman dan Eropa Timur mulai menyimpan harta berharga mereka di dalam peti besi. Pada saat itu logam tidak lagi digunakan dengan teknik digunlung melainkan dengan teknik di paku. Akhirnya ditemukan mekanisme penguncian kompleks yang kemudian banyak digunakan di Amerika Selatan. Pada saat yang bersamaan peti besi cor mulai dibuat di Inggris.

2. Produksi Kunci Pertama Chubb


Dua penemu Charles dan Jeremiah Chubb mematenkan brankas anti pencuri. Mereka memainkan peran penting dalam membangun reputasi sebuah kota di Wolverhampton, Inggris. Dengan penemuannya untuk kunci dan gembok berkualitas tinggi. Pada tahun 1818, kedua kaka beradik ini akhirnya mendirikan perusahaan pembuat kunci terkenal Chubb. (Lihat lebih detail chubbfiresecurity.com).

3. Brankas Lempeng Besi Kuat Milner


Peti brankas besi cor telah dibuat bertahun-tahun di kota Birmingham, Wolverhampton dan beberapa tempat lainnya di Inggris Raya. Pada tahun 1830, Thomas Milner seorang pandai timah dari Sheffield mendirikan perusahaan di Leverpool yang membuat lempengan timah dan kotak besi dari lembaran besi dan akhirnya berkembang menjadi brankas dan peti yang sangat kuat.

4. Brankas Edward Tann Paten


Edward Tann dan Sons melakukan paten pertama dan paling signifikan didaftarkan. Pada tahun 1843, untuk brankas dengan dua tuas penjagaan dan alat anti tekanan yang kemudian menjadi pemimpin dalam pembuatan kunci brankas. Mereka mendirikan pabrik di London, Inggris yang membuat gada besi, lembari besi cor, lemari panel besi, pintu dan kunci besi dengan pelanggan utama mereka yaitu Charles Chubb.

5. Laboratorium dan Pengecoran Besi Mather & Platt


Mather dan Platt didirikan pada tahun 1845 dengan kantor yang berada di Salford, Inggris. Mereka mengembangkan teknik rekayasa dan manufaktur baru untuk kebutuhan pabrik. Usaha kemudian berkembang serta meluas menjadi laboratorium dan pengecoran besi di Newton Heath.

1 Comments

  1. Nice post bro!! Keep understanding keep listen

    ReplyDelete
Previous Post Next Post