Loan To Deposit Ratio (LDR)

Rasio Kecukupan Modal atau Loan To Deposit Ratio (LDR)

natinedJs ⓚ 2017 Bank Indonesia memberikan ambang batas bagi perbankan untuk memberikan kredit kepada nasabah. Jumlahnya saat ini adalah 110% dari jumlah dana pihak ketiga. Dengan adanya pembatasan tersebut, peluang perbankan memperbesar jumlah uang beredar akan diperkecil. BI juga dapat melakukan kebijakan temporer (berbatas waktu) yang dapat mengatasi kenaikan jumlah uang beredar, seperti kebijakan tight money policy, lelang intervensi, penetapan tingkat bunga dan lain-lain.

Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah rasio antara besarnya seluruh volume kredit yang disalurkan oleh bank dan jumlah penerimaan dana dari berbagai sumber. LDR juga disebut sebagai rasio keuangan perusahaan perbankan yang berhubungan dengan aspek likuiditas. LDR adalah suatu pengukuran tradisional yang menunjukkan deposito berjangka, giro, tabungan, dan lain-lain yang digunakan dalam memenuhi permohonan pinjaman (loan requests) nasabahnya. Rasio ini digunakan untuk mengukur tingkat likuiditas. Rasio yang tinggi menunjukkan bahwasuatu bank meminjamkan seluruh dananya (loan-up) atau realtif tidak likuid (illiquid). Sebaliknya rasio yang rendah menunjukkan bank yang likuid dengan kelebihan kapasitas dana yang siap untuk dipinjamkan (Latumaerissa,1999). LDR disebut juga rasio kredit terhadap total dana pihak ketiga yang digunakan untuk mengukur dana pihak ketiga yang disalurkan dalam bentuk kredit.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi jumlah uang beredar seperti perubahan aktiva luar negeri, jumlah anggaran pemerintah (APBN) yang merupakan bagian dari sektor nyata dan kebijakannya diatur melalui kebijakan fiskal. Selain di ukur dari tingkat inflasi, nilai uang juga dapat di ukur dari nilainya terhadap mata uang negara lain. jika terjadi kenaikan nilai disebut mata uang tersebut mengalami apresiasi dan sebaliknya depresiasi.



Pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap nilai uang dan mata uang lainnya, karena akan mempengaruhi banyak hal dalam pertumbuhan perekonomian. Misalnya, laju ekspor dan impor, nereca pembayaran dll. Oleh karena itu pemerintah akan menetapkan kebijakan-kebijakan untuk menetapkan nilai uangnya contoh foreign exchange control, intervensi dan devaluasi.

Penyebab LDR Rendah

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa perbankan nasional pernah mengalami kemerosotan jumlah kredit karena diserahkan ke BPPN untuk ditukar dengan obligasi rekapitalisasi. Begitu besarnya nilai kredit yang keluar dari sistem perbankan di satu sisi dan semakin meningkatnya jumlah DPK yang masuk ke perbankan, maka upaya ekspansi kredit yang dilakukan perbankan selama sepuluh tahun terakhir sepertinya belum berhasil mengangkat angka LDR secara signifikan.

Fungsi LDR

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa LDR pada saat ini berfungsi sebagai indikator intermediasi perbankan. Begitu pentingnya arti LDR bagi perbankan maka angka LDR pada saat ini telah dijadikan persyaratan antara lain :

  1. Sebagai salah satu indikator penilaian tingkat kesehatan bank.
  2. Sebagai salah satu indikator kriteria penilaian Bank Jangkar (LDR minimum 50%),
  3. Sebagai faktor penentu besar-kecilnya GWM (Giro Wajib Minimum) sebuah bank.
  4. Sebagai salah satu persyaratan pemberian keringanan pajak bagi bank yang akan merger.


Begitu pentingnya arti angka LDR, maka pemberlakuannya pada seluruh bank sedapat mungkin diseragamkan. Maksudnya, jangan sampai ada pengecualian perhitungan LDR di antara perbankan.

Baca juga : Bagaimana sistem Perbankan di Indonesia!!!

Daftar Pustaka :
Latumaerissa J R. 1999. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta (ID): Salemba Empat

4 Comments

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp700,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan
    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    ReplyDelete
  2. The potential for fraud is reduced because there are fewer opportunities for counterfeit checks, stolen checks, signature plates, altered amounts and forged signatures and there is no need for facsimile signature security. http://cashpoker38.com/

    ReplyDelete
  3. The results of his actions could prove very profitable or he could lose it all, sometimes even his life. Draw poker then was a natural choice for the men of the American west who were used to risking it all.bandar bola

    ReplyDelete
Previous Post Next Post